Minggu, 23 Januari 2011

Bangkitlah wahai Pahlawanku....

oleh Mimbar Dakwah Islam pada 11 Januari 2011 jam 10:35
 
 
Dunia Kepahlawanan rupanya menarik untuk kita tekuni, Pahlawan tidak mesti harus heroik, Fantastik, dramatis dllnya, pahlawan itu adalah seseorang yg senantiasa dapat memberikan jalan keluar terhadap masalah yg dihadapi manusia, maka dari itu pahlawan itu suka ada didekat dengan kehidupan kita, anda pasti pernah lihat dalam program TV swasta, dengan berbagai tema tentang kepahlawan seseorang, ada tema yg berjudul kecil-kecil sudah jadi pahlawan isi cerita tentang seorang anak yg dapat berfungsi sebagai kepala rumah tangga dikarenakan ayahnya lumpuh, terpaksa pahlawan kecil ini banting tulang mencari nafkah walau hanya mengumpulkan beras yg berserakan di pasar, lalu beras itu dibersihkan dan dijual kepada tukang warung sebagai beras oplosan walau harga 5 kg beras oplosan dihargai dg harga 2 kg harga beras biasa, ada seorang anak kecil pengumpul buah bawang merah yg berserakan di pasar grosir bawang merah yg dijual dgn harga dibawah harga bawang merah biasa,  sangat murah, prinsipnya yg penting halal, tidak mencuri dan bisa menyambung hidup keluarga, ada pula pahlawan kecil yg bertarung di lomba idola cilik disebuah program TV kantorku, mempertarungkan kemampuan bernyanyi, maksud pahlawan kecil ini ”agar ayah dapat tersenyum” ungkapnya, dikarenakan ayahnya cacat luka bakar disekujur tubuhnya, sehingga wajah ayahnya seperti monster dan tak mampu mencari nafkah lagi,tatkala pahlawan kecil juara pertama, ”sang ayah berteriak ”bangkitlah wahai pahlawanku, jangan kau tertunduk di hadapan dunia ini, kau pahlawanku......”, kawan........... Aku rasa kita pun mampu untuk jadi pahlawan walau hanya ayah & ibu kita yg mengakuinya,tidak apalah kawan yg penting kita masuk katagori  Pahlawan.
            Kita butuh untuk melatih naluri kepahlawanan kita kawan......... agar kita on line di jalur kepahlawanan ini, caranya senantiasa berani menerima tantangan, dengan keberanian ini naluri kepahlawanan kita terlatih. Karena guruku menasehatiku ”orang yg penakut adalah orang yg senantiasa menghindar dari tantangan kehidupan dan dengan sukarela menerima posisi kehidupan yg tdk terhormat, namun orang yg mempunyai naluri kepahlawanan akan mengatakan kepada tantangan-tantangn kehidupan, ”ini untukku dan ini bagianku”, jadi naluri kepahlawanan adalah kekuatan yg mendorong munculnya potensi-potensi yg tersembunyi dalam diri seseorang, sehingga potensi dirinya tumbuh kembang menjadi kekuatan yg dahsyat dalam kepribadian dirinya.
            Naluri kepahlawanan adalah adalah akar  dari pohon kepahlawanan, akan tetapi  keberanian adalah kekuatan yg tersimpan dalam kehendak jiwa, yg mendorong seseorang untuk maju menunaikan tugas, baik tindakan maupun perkataan demi kebenaran dan kebaikan atau untuk mencegah suatu keburukan dan menyadari sepenuhnya, semua kemungkinan resiko yg akan diterimanya. Maka dari itu guruku senantiasa membacakan Al Quran yg membahas keberanian para nabi utusan Allah SWT,para sahabat Rosulullah saw yg senantiasa mendampingi perjuangan beliau sampai akhir hayat. Keberanian para sahabat terungkap dalam ungkapan khalid bin walid dalam sebuah perang melawan romawi yg berlindung dibenteng yg sangat kuat di Kinasrin, khalid berkata ”Andaikata kalian bersembunyi dilangit, niscaya kuda-kuda kami akan memanjat langit untuk membunuh kalian, andakata kalian bersembunyi didasar bumi, niscaya kuda-kuda kami akan menyelami bumi untuk membunuh kalian”.
            Berani mengambil langkah yg ”beresiko” ini ( berjuang ) adalah sebuah kemenangan jiwa, yah .......kemenangan jiwa kawan, kita menang atas rasa takut, menang atas sifat pengecut, menang atas cinta dunia dan intinya kita menang atas diri kita sendiri........kau tertarik dengan dunia kepahlawanan........ bergabunglah bersamaku dalam majlis ta”lim ust. M. Anis Mata.Tema Bahasan ”Mencari Pahlawan Indonesia ”

0 komentar:

Posting Komentar