Rabu, 18 Mei 2016

My Trip Alias Goes2 (Edisi ke Pantai)

Assalamu’alaikum sahabat semua.. Sudah bertahun2 tak posting di blog ini.hehe. Kalian pasti kangen dengan aku kan?! *PD.com* Ehh..kamsudnya kangen sama postingannya. Maklum, kemarin2 belum sempet mengurusi blog ini,.hikzz.. Bukan gak sempet sich tapi lebih tepatnya males..hohoho
Kali ini aku mau posting tentang perjalananku NgeTrip #eeeaaaaa.hahaha. Biar BAPER (bawa perubahan). NgeTrip bersama 3 sahabat seperjuangan. Sudah beberapa tempat sudah kami kunjungi. Tapi sayangnya tak sempat untuk didokumentasikan dalam tulisan. Yaach..tak apa2lah yg penting kan bukan selfienya ato dukumentasinya tapi perasaan yang tersimpan saat mengunjungi tempat itu..hihi *sok bijak*
Ealah malah jadi panjang lebar dengan pendahuluan yang kagak penting.xixixi *Fiuuuhhhh*
Maaf Maaf.. Kali ini kita NgeTrip ke pantai-pantai Gunung Kidul alias South Mountain (dlm bahasa inggris). Kenapa kita memilih tempat itu? Karena tempat itu indah dan sepi *berdasarkan hasil searching mbah gugel*. Wekwek. Hasil musyawarah rute perjalanan kita ke Pantai Kesirat, dilanjut ke Pantai Wohkudu dan diakhiri ke Pantai Baron. Kita semua belum pernah ada yang ke tempat itu. Jadi kita Mbolang lah alias “ilmu kira2” kita pakai. Kalo tersesat ya tinggal tanya orang.hohoho.
       Kita berencana berangkat skitar pukul 7.30 wib. Hikzzz..Tapi yang namanya jam di Indonesia kan jam karet. Ternyata gak sesuai jadwal, kita masih nunggu 2 orang temen kita karena ada keperluan sebentar, nyampek skitar pukul 08.15 wib. Huaaa..tidaaakkkkk!!!! *semoga temenku gak baca ini*. Setelah penantian yang begitu panjang *ceileh*akhirnya kita langsung cabut pergi bersama.
Rute perjalanan kita melewati sepanjang jalan Selopamioro (ikuti saja petunjuk arah menuju Pantai Gesing). Awalnya perjalanan sih mulus2 aja, aspal lebar walaupun dengan banyak tanjakan. Tapi..tapi setelah cukup jauh hikzzz..kog gitu?!. Jalannya jelek, cuman ada dua setapak kecil. Udah gitu jalannya naik turun pula. Skill ber-akrobat bener2 dibutuhkan *lebay.com*. Tak pernah terbayangkan akan melewati jalan ini. Emang sih kata mbah Gugel jalannya kurang bagus, tapi gak nyangka  kenyataannya akan seperti ini. Jalan dua setapak kecil, tidak rata, penuh lubang,  penuh tanjakan, banyak rerumputan, jalan bebatuan dengan jurang di salah satu sisi jalannya. Tapi gak papa, kita sudah terbiasa melewati jalan yang lebih jelek dari ini *maklum orang nggunung*. Jadi yang terbiasa manja2 aku gak merekomendasikan untuk Ngetrip ke tempat itu. Kasian temennya nanti.hihihi. Selama melewati jalan itu menjadikanku lebih banyak berdzikir.hehehe. Dan bisa mengasah adrenalin.
      Setelah sekitar 1 jam 45 menit perjalanan, akhirnya kita sampai di parkiran Pantai Wohkudu. Berhubung ke Pantai kesirat masih cukup jauh akhirnya kami memutuskan ke Pantai Wohkudu dulu. Pantai kecil yang terletak  di kampung Nglaos, Dukuh Wiroso, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul.  Parkir di tempat ini cukup murah, hanya 2.000/motor. Di daerah parkir Pantai Wohkudu hanya ada satu penjual makanan ringan dan minuman. Untungnya kami sudah bawa bekal camilan cukup banyak.hehehe. Setelah itu kami jalan kaki menuju Pantai Wohkudu. Aku kira jalannya juga cukup bagus ternyata hanya  jalan kecil naik turun semak-semak dengan jalan yang penuh dengan bebatuan runcing. Kita serasa naik gunung kalo kayak gini *ehh turun gunung dink soalnya jalanya turun doang*hahaha.
      Setelah sekitar 10 menit jalan, Alhamdulillah akhirnya kita sampai di Pantai Wohkudu. Huaaaa..Pantai yang indah banget dengan pasir putih dan masih sepi pengunjung. Ajiiibbb poko’e. Sebuah Pantai yang diapit oleh 2 bukit hijau. Banyak batu karang yang terdampar di pantai itu. Rasanya lelah perjalanan sudah terbayarkan setelah melihat pantai ini. Hohoho. *ngompor2i biar pada dateng*
Di samping-samping pantai terdapat goa2 yang tak dalam. Banyak batu hitam menghiasi sekitar goa.

Pantai Wohkudu

Keindahan Pantai Wohkudu

Setelah cukup lama bermain pasir dan air, akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke parkiran melanjutkan rute perjalanan selanjutnya.
Jalan ke pantai Kesirat cukup bagus. Saat kami melewati sedang ada proyek pengaspalan jalan. Yahhh baguslah biar banyak yang datang juga kalo jalannya bagus,.hemm..
Sekitar 15 menit perjalanan dengan motor, akhirnya sampai juga di parkiran Pantai Kesirat. Tarif parkir di tempat itu juga murah, hanya 2000/motor. Kami turun bukit dengan jalan kaki karena pantainya sangat deket. Setelah sampai di Pantai Kesirat pasti kamu akan membayangkan akan bermain air dan pasir juga di sana. Anda salah besar.hahahaha. Meskipun namanya Pantai Kesirat tapi tempat itu berupa tebing2. Tebing pembatas pantai. Jadi kalau mau main air, silahkan terjun bebas dulu dari ketinggian alias mau bunuh diri.hahaha.wekwek. Tapi keindahannya tak kalah menarik kok dengan Pantai Wohkudu.
       Di Pantai Kesirat ini ada sebuah pohon besar yang tumbuh miring. Katanya sih namanya pohon Keben gitu. Pohon Keben juga salah satu pohon yang bisa ditemukan di halaman Kraton Jogja katanya. Tapi kenapa ya pohonnya cuman satu, gak dua? Hemm…Setelah aku pikir2 mungkin karena belum menemukan jodohnya (kekasih halalnya) hahaha. Itu sih cuman pikiranku doang, gak perlu dibuat serius.hohoho. Jangan BaPer (bawa perasaan) ya. xixixi. Di deket pohon itu terdapat kursi bambu memanjang. Di tempat itu juga terdapat sisa-sisa abu, mungkin  pada digunain buat berkemah/camping.

di Pantai Kesirat

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Kesirat, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Gesing. Kenapa kita tidak jadi pergi ke pantai Baron, karena jaraknya jauh. Jika pergi ke Pantai Baron kita harus berbalik arah. Makanya kita memilih pergi ke Pantai Gesing yang deket. Pantai Gesing ini terletak  di Dusun Panjolomulyo, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Retribusi masuk menuju kawasan pantai Gesing 6.000/motor. Jalan ke Pantai Gesing aspal lebar namun ada beberapa titik jalan yang rusak. Jadi harus berhati-hati jika sahabat melewatinya. Dari Pantai Kesirat menuju Pantai gesing sekitar 20 menit perjalanan dengan motor. Pantai Gesing adalah pelabuhan armada kapal nelayan.  Banyak kapal2 berada di pesisir pantai. Di tempat itu juga terdapat mushola, tapi sayangnya ambil air wudlunya harus di bawah alias gak satu kompleks dengan musholanya. Karena kamar mandi dan keran air yang berada di mushola baru rusak,kelihatannya sih sudah lama tidak diperbaiki. Boleh dah kasih masukan buat pemerintah situ untuk perbaikan pelayanan peribadatan. Maaf ya pak, buk pejabat.hehehe *peace*
      Berhubung kami sudah lapar, kami memutuskan untuk makan dulu sebelum menikamati keindahan Pantai. Di sana banyak warung makan yang menyediakan menu seafood. Ada ikan bakar, ikan goreng, cumi dan masih banyak lagi. Akhirnya kami pesan Ikan bakar di sebuah warung. Penjualnya menawarkan mau beli berapa kilo. Berhubung hanya berempat kami memesan ½ kg aja. Cukup murah beli ikan disini, satu kilo hanya Rp 25.000. Kami menunggu cukup lama, padahal udah laper bingit.hahaha. Satu bakul penuh (tempat nasi) akhirnya dihidangkan dengan lalapan dan sambal.*sahabat2 yang baca ini jangan ngeces ya..hohoho*. Kami juga memesan 4 minuman. Tau ndak, kami berempat menghabiskan satu bakul nasi penuh.hahaha. Mungkin karena kita terlalu lapar usai naik turun perjalanan. Kenapa harus malu, lagian daripada mubazir.hihihi.
    Setelah selesai makan biasanya kan terus bayar tuh, masak langsung kabur gitu aja.wekwek. Murah banget lho ternyata, walapun makan di tempat obyek wisata ternyata harganya hampir sama di pasaran. Makan dan minum semua cukup bayar 55.000 sudah bisa makan berempat.hahaha. *Ngirit.com*. Sebelum beranjak dari warung makan, kita membeli ikan goreng 1 kg sebagai oleh2. Cukup bayar 25.000 sudah bisa langsung dinikmati.

Setelah makan, kita menikmati keindahan pantai. Di deket pantai sebelah atas ada banyak kursi memanjang . Tempat yang teduh karena banyak pohon pinus. Kami melepas penat cukup lama di situ sambil melihat pantai. Ditemani sepoi2 angin membuat pikiran kembali segar. Sambil menikmati sisa camilan yang masih banyak. Sebuah wujud kebesaran sang Maha Pencipta. Melihat lautan yang begitu luas, kita jadi merasa kecil. Makhluk yang lemah tanpa Nya.

Setelah cukup lama duduk dan menikmati keindahan semuanya, kami memutuskan untuk ke parkiran. Namun sebelum itu kami mengunjungi kapal yang baru saja menepi. Kami berencana membeli ikan langsung sama nelayannya.Tapi sama pak nelayannya (gak tau namanya soalny belum sempet kenalan.xixixi) kami dianter untuk membeli di TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Kami membeli 2 kg ikan segar. Harga per kilonya cukup murah hanya 20.000. Hohoho.

Sekitar pukul 15.45 wib, kita ke parkiran untuk pulang ke rumah. Kembali lagi menapaki jalan yang bikin mengasah adrenalin dan mengeluarkan skill ber-akrobat. *lebay*

Keindaha Pantai Gesing

Edisi makan bersama.xixixi

Akhir cerita aku mau share tips bagi sahabat2 yg berencana pergi kesana :
1. Siapkan Mental. Nah ini penting banget. Perjalanan kesana untuk yang siap petualang saja,.xixixi. Yang tidak siap mundur saja kasih kesempatan temenya, daripada ditolak sama calonnya. *eh kok jadi mbahas tips melamar gini sich.khakhakha*
2. Cek kondisi motor, mesin, rem, ban dll karena kawasan jalan kesana jarang ada bengkel. Biar kondisi motor siap untuk Ngetril juga.haha. Oh ya sekalian bensin dipenuhi ya, soalnya di sana juga jarang yang jual bensin. Daripada nanti kehabisan bensin di tengah jalan malah berabe.hihi
3. Bawa bekal/camilan yang cukup karena di sana jarang ada penjual.
4. Berpakaianlah yang sopan. Pakai sepatu, atau sepatu sandal saja. Jangan pakai sepatu high heels ya.wekwek. Bagi akhwat yang terbiasa pakai rok, masih aman kog pakai rok. Roknya yang cukup lebar ya buat melangkah. Setiap aku Ngetrip juga pakai rok, entah naik gunung, ke pantai de el el.
4. Ta’ati peraturan di sana. Jangan buang sampah sembarangan. Kita jaga kebersihan kawasan di sana bersama2 ya. Agar tempat wisata tetap cantik untuk dikunjungi.^_^
5. Nah dari semua poin di atas yang paling penting adalah berdo’a dulu sebelum berangkat. Semoga selalu dalam lindunganNya.
Oh ya sempat lupa, cuman mau ngasih tau ketika kita berada di tiga obyek wisata tersebut (Wohkudu, Kesirat, Gesing) gak ada sinyal sama sekali. Jadi kagak bisa telfon, SMS maupun internetan. Harus sabar ya.hahaha.
Udah ya ceritanya, semoga kapan2 bisa disambung lagi dengan pengalaman NgeTrip baru. Bagi temen2 yang mau pergi kesana, semoga tulisan ini bermanfaat. Jika tak bermanfaat abaikan saja.hehehe
Banyak salah kata mohon maaf. Wassalamu’alaikum sahabat semua,.^_^